Perlengkapan MPASI Rashid



Pertamakali mulai MPASI Rashid, saya sempat buat akun instagram daily menu MPASI nya Rashid. Tujuan awalnya buat arsip aja, jadi kalau suatu saat punya anak lagi saya gak perlu repot-repot memikirkan menu dan serba-serbi MPASI lainnya. Tapiii, sekarang akunnya udah saya hapus. Alasan utamanya adalah karena saya gak istiqomah posting hehehe.

Baiklah, ada beberapa teman yang tanya tentang persiapan MPASI, terutama peralatan dan segala macem perintilannya. Takut kalap kalau udah buka online shop, nanti jadi segala dibeli. Takut beli yang gak perlu.

Karena udah betah nulis di blog, jadi saya share disini aja ya. Mudah-mudahan bermanfaat ibu-ibuuu :)

1. Alat makan (piring, mangkok, sendok, garpu)
Untuk alat makan saya sengaja gak beli, karena banyak dari hadiah melahirkan, ada beberapa set. Jadi pakai yang ada aja supaya gak mubazir dan yang kasih hadiah pasti bakal seneng kalau barangnya dipakai.


2. Alat minum
Awal-awal MPASI, Rashid minumnya pakai sendok. Disuapin sedikit-sedikit. Lama-lama karena kebutuhan minumnya semakin meningkat, saya beli training cup 6+ merek babysafe. Beli online di @kikafamilybabyshop



3. Lemak tambahan
Efek emak-emak zaman now yang follow akun-akun MPASI, saya juga beli lemak tambahan seperti EVOO dan UB. Tapi, saya gak pakai setiap hari. Saya beli di @waroeng_gladys


4. Dandang/langseng
Dandang/langseng ini berfungsi buat kukus-kukus. Ini juga gak beli, karena udah ada di rumah.


5. Pisau dan talenan
Ini standar sih ya, buat potong-potong bahan makanan.


6. Saringan kawat
Tiga minggu pertama, saya pakai saringan kawat buat menghaluskan makanan. Apalagi saat menu tunggal, menghaluskan makanan pakai saringan kawat jauh lebih mudah. Tapi saat masuk menu 4 bintang lumayan susah juga pakai saringan kawat, jadi saya ganti pakai blender.


7. Slowcooker
Ini ngebantu saya banget. Tinggal cemplung-cemplung bahan, setting waktunya, tinggalin sampai mateng. Saya beli di @kikafamilybabyshop



8. Blender
Bagi yang gak pakai food processor, alat ini wajib ada buat menghaluskan makanan. Tadinya bertahan dengan saringan kawat, tapi lama-lama kurang efektif juga saat masuk menu 4 bintang.


9. Kursi makan
Kursi ini juga membantu banget. Selain karena saat usia 6 bulan Rashid belum bisa duduk tegak, pakai kursi juga melatih Rashid buat disiplin. Lama-lama anak bakal 'ngeh' kalau di dudukin di kursi ini artinya Rashid mau makan. Kalau makan harus sambil duduk.


10. Celemek bayi
Awal-awal MPASI, Rashid pakai celemek bayi. Tapi lama-lama gak kepakai, soalnya Rashid gak betah pakai celemek ditarik-tatik terus.


11. Waslap/tissue basah
Setelah berusaha mengurangi sampah tissue, saya beralih menggunakan waslap yang dibasahi air untuk lap mulut dan wajah Rashid setelah selesai makan. Kalau sekarang, karena makannya udah pingin dipegang sendiri, Rashid cuci tangan langsung di keran air.


12. Food container/wadah bekal
Food container ini fungsinya buat simpan bahan MPASI yang mentah dan MPASI yang sudah jadi. Pagi-pagi saya buat langsung 3 porsi, 1 porsi buat makan pagi, 2 porsi lagi saya simpan di food container, jadi nanti tinggal dihangatkan. Kalau saya pakai tupperware yang udah ada di rumah.


Nah, itu peralatan MPASI nya Rashid. Menjawab pertanyaan ibu-ibu yang mau memulai MPASI. Bukan untuk jadi patokan semuanya harus ada. Hanya untuk referensi aja, selebihnya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing ya. Mungkin bagi saya alat ini perlu, tapi ternyata engga bagi yang lain. Begitupun sebaliknya. Lebih baik  sih manfaatkan dan maksimalkan peralatan yang sudah ada di rumah.

Selamat mengMPASIhi ibu-ibu :)

0 komentar:

Post a Comment