Kelas Membaca Bermakna: Tantangan Ke-1


Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Tantangan pertama dari Kelas Membaca Bermakna adalah "Find your big why!" Menggali big why ternyata bukanlah hal yang mudah. Saya perlu sejenak menyendiri dan mengerutkan dahi. Bertanya pada hati kenapa saya harus membaca. Kalau sudah sampai pada tahap "Rasanya gak ada alasan lain lagi!", itulah big why kita.




Kenapa saya perlu membaca? Karena membaca adalah perintah Allah swt.

Mengapa kalau perintah Allah swt? Saya harus menaatinya.

Bagaimana cara menaatinya? Menciptakan kebiasaan membaca agar tumbuh rasa cinta pada membaca. Cinta membaca membuat kita semakin haus untuk belajar.

Mengapa harus haus belajar? Karena manusia lemah dan bodoh, belajar akan membantu kita mendapat banyak ilmu. Ilmu menuntun kita beribadah, bermuamalah, dsb. Semakin banyak ilmu, akan semakin mengenal Allah swt.

Mengapa harus mengenal Allah swt? Karena semakin mengenal-Nya, akan semakin mencintai-Nya.

Semoga alasan ini bukan hanya sekedar tulisan, tapi juga tertanam dalam hati. Agar setiap rasa malas hadir, selalu ingat lagi bahwa semakin banyak membaca, semakin saya akan mengenal Allah swt melalui ilmu-Nya yang tersebar di muka bumi.

Tantangan selanjutnya adalah menentukan otot membaca vertikal dan horizontal. Ternyata, ini juga bukan pekerjaan yang mudah bagi saya. Mengingat-ingat genre dan judul buku apa saja yang telah saya baca dalam satu tahun kebelakang.

Memang harusnya saya rencanakan dan catat di awal tahun ya, supaya jelas dan terukur target membacanya hehe.



0 komentar:

Post a Comment