Berkunjung Ke Kebun Binatang Bandung Di Era Pandemi

sumber foto: jabarekspres


Walau masih pandemi, sebagian tempat wisata di Bandung sudah dibuka. Sebetulnya memutuskan untuk keluar rumah di kondisi seperti ini membutuhkan pertimbangan yang matang. Resikonya 50:50 bisa terkena covid-19 atau tidak. Kita harus pintar-pintar memilih tempat tujuan dan benar-benar menjaga protokol kesehatan.


Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke Kebun Binatang Bandung, sekarang bernama Bandung Zoological Garden yang beralamat di Jl. Kebun Binatang No. 6 Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Persis di sebelah barat Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Saya sengaja memilih weekday dan berkunjung sepagi mungkin supaya tidak terlalu ramai dan tempat masih bersih.


Begitu tiba di gerbang kedatangan, banyak pedagang yang menawarkan faceshield untuk anak. Tapi sebaiknya kita sudah memakai masker dan faceshield dari rumah supaya lebih mudah dan aman. Di pintu masuk, kita diminta untuk cuci tangan menggunakan sabun di wastafel yang sudah disediakan. Kemudian dicek suhu tubuhnya menggunakan termogun. Biaya tiket masuk Rp 40.000 per orang. Anak dengan tinggi badan dibawah 80 cm tidak dikenakan biaya tiket.


Disarankan membawa air minum dan makanan karena kita akan trekking lumayan jauh. Selain itu, di masa pandemi seperti ini foodcourt dan playground di dalam area kebun binatang ditutup, jadi tidak ada yang berjualan di dalam.


Binatang yang ada di Bandung Zoologizal Garden lumayan banyak, ada ikan, burung, ular, buaya, singa, macan, jerapah, gajah, rusa, unta, dll. Sangat cocok untuk wisata edukasi binatang. Namun sangat disayangkan, beberapa binatang terlihat kurus, kotor, dan bau.





Beberapa
 area seperti hutan tak berpenghuni, terutama di area air; angsa dan kudanil. Namun sebagian besar cukup bersih dan rapi.

Sesekali petugas terlihat patroli untuk mengingatkan pengunjung agar tetap jaga jarak dan menggunakan masker. Namun, tetap saja ada pengunjung yang bandel melepas masker dan tidak jaga jarak.


Semoga pandemi segera berakhir ya, supaya kita semua bisa kembali nyaman beraktifitas.

0 komentar:

Post a Comment