Gak Punya Ide Menulis, Kenapa Ya?


Saya udah lama banget gak nulis tentang tempat, produk, jasa, atau apapun diluar tema parenting dan diri sendiri. Akhir-akhir ini kayak nulisnya tentang parenting dan diri sendiri terus. Kayak terjebak dan gak bisa nulis diluar tema itu. Kenapa ya? Setelah saya analisis inilah penyebabnya!

1. Peran yang sedang saya emban
Kurang lebih sudah 4 tahun saya memiliki peran sebagai istri dan ibu. Jadi apa yang saya bicarakan gak jauh-jauh dari dua peran ini

2. Kurang baca buku diluar tema parenting dan diri sendiri
Ternyata peran sangat berpengaruh terhadap buku-buku yang kita baca. Saya pernah ikut kelas membaca bermakna dan disana dibahas kalau buku-buku yang sering kita baca biasanya menunjukan peran apa yang sedang kita emban

3. Jarang blogwalking
Ini ngaruh banget buat saya, yang diliat hanya blog sendiri jadi ya gitu-gitu aja tulisannya

4. Gak pernah ikut lomba blog lagi
Biasanya lomba blog ini yang bikin kita mau nulis tema-tema diluar tema yang kita sukai dan kuasai. Kita dituntut untuk cari banyak referensi, riset, dan mengolahnya menjadi sebuah tulisan. Emang ikut lomba blog itu bisa ngasah keterampilan menulis

5. Gak punya big why
Rasanya si big why ini memang diperlukan untuk berbagai macam hal. Kalau gak punya big why untuk melakukan sesuatu biasanya ya gak ada motivasi. Big why saya menulis itu apa sih? Apa hanya sekedar kejar setoran atau untuk sesuatu yang lain? Rasanya saya harus mulai meresapi dan menengok lagi apa big why saya sebenarnya dalam bidang menulis

Mungkin itu empat hal yang mempengaruhi saya kesulitan untuk menulis tema-tema diluar tema parenting dan tema diri sendiri. Dan yang pasti akhir-akhir ini saya memang kurang baca buku. Rasanya selain mengembalikan semangat menulis, saya harus mengembalikan juga semangat membaca. Bukan hanya bergabung dengan komunitas menulis, tapi harus bergabung juga dengan komunitas membaca. Karena buktinya dengan challange menulis di KLIP saya selalu bisa memaksakan untuk menulis.

0 komentar:

Post a Comment