Review Novel Api Tauhid : Lima Pilar

Berikut adalah naskah yang saya kutip dari Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy halaman 335-337. Gagasan dari seorang Badiuzzaman Said Nursi tentang pilar yang harus dimiliki oleh sebuah bangsa. Menurut saya gagasan tersebut sangat bagus dan masih sangat relevan untuk diterapkan disebuah bangsa.

Source : Google
"Lima pintu surga itu, tak lain dan tak bukan adalah lima pilar yang harus dimiliki, dihayati dan diamalkan suatu bangsa agar surga ketentraman, kemakmuran, kesejahteraan, keamanan, dan kemajuan bisa diraih dan dirasakan seluruh rakyat bangsa itu. Lima pilar itu adalah :

1. Persatuan Hati
Badiuzzaman menjelaskan bahwa seluruh rakyat harus bersatu padu mempertahankan integritas bangsanya. Bersatu melawan musuh-musuh yang menginginkan kematiannya. Bersatu padu seumpama gerakan sholat dalam jamaah yang rapi.

2. Cinta Bangsa
Semua pribadi yang ada dalam suatu bangsa harus memiliki cinta kepada bangsanya melebihi dirinya sendiri. Cinta bangsa berarti juga menjauhi bermusuh-musuhan sesama anak bangsa.

3. Pendidikan
Hanya jika seluruh rakyat memperoleh pendidikan yang baik, dan menjadi manusia yang berkualitas, maka sebuah bangsa akan maju dan mencapai cita-cita kemakmurannya. Pendidikan yang dimaksudkan Said Nursi adalah pendidikan yang menyatukan pendidikan agama dan pendidikan ilmu modern yang bukan agama. Bukan pendidikan yang hanya mengedepankan ilmu modern dan meninggalkan agama.

4. Memaksimalkan Daya Upaya Manusia
Itu berarti semua orang dihargai keahliannya sehingga memperoleh pekerjaan yang layak dengan gaji yang memadai. Dengan itu, maka semua rakyat akan menggunakan tenaga dan pikirannnya secara positif. Dan kreatifitas akan terus terproduksi. Negara pun maju. Bangsa menjadi makmur. Pengangguran membuat tenaga rakyat terbuang sia-sia dan menjadikan pikiran mandek serta beku.

5. Menghentikan Pemborosan dan Pemubadziran
Seluruh elemen bangsa, baik pemerintah maupun rakyat harus berdisiplin menghentikan pemborosan, hidup seadanya, tidak pamer materi dan berlebih-lebihan."

#ReviewNovelApiTauhid

0 komentar:

Post a Comment