Aplikasi Chatting Favoritmu?


Trend sms sepertinya sudah mulai menurun, tergantikan oleh banyaknya aplikasi chatting yang menawarkan banyak fitur seperti mengirim gambar, video, pesan suara, file, bahkan melakukan panggilan gratis dengan modal koneksi internet saja. Dan ini membuat saya jarang memiliki pulsa reguler karena lebih sering membeli paket kuota internet. Dari pengamatan saya, ada tiga aplikasi chatting populer di Indonesia yaitu WhatsApp, LINE, dan BBM. Masing-masing aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


1| LINE

Aplikasi ini menjadi populer di Indonesia berkat fitur stiker, dan para maskot lucu LINE yang telah melekat di hati para generasi muda. Selain itu, kehadiran LINE Games yang selalu ramai dimainkan pun semakin membuat aplikasi chatting asal Jepang ini digandrungi oleh banyak orang, terutama para gamer.

Sebagai orang yang kurang suka main game, pesan-pesan berupa invitation untuk bermain game cukup mengganggu. Alhasil, saya berhenti menggunakan LINE karena merasa tidak nyaman dengan notifikasi yang kerap kali muncul untuk mengundang bermain game.

Selain itu, LINE berjalan dengan lambat di smartphone menengah ke bawah. Hal ini tentu saja membuat masyarakat dengan kemampuan smartphone terbatas perlu berpikir dua kali sebelum menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan

  • Fitur stiker yang lucu dan sangat bervariasi
  • Aplikasi penunjang seperti LINE Camera (B612), Line@, Line Card
  • Banyak giveaway mulai dari voucher makan hingga smartphone
Kekurangan
  • Berat bagi smartphone menengah ke bawah
  • Invitation LINE Games yang mengganggu
  • Menggunakan data internet yang banyak
2 | WHATSAPP

Ini adalah aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah ringan. Selain itu, aplikasi ini juga sederhana dan mudah sekali untuk digunakan.

WhatsApp akan secara otomatis mengambil daftar kontak dari smartphone penggunanya, kemudian menambahkan mereka ke dalam daftar kontak di WhatsApp. Tidak perlu repot-repot melakukan registrasi ID terlebuh dahulu. Chatting di WhatsApp juga tidak membutuhkan koneksi internet yang bagus. Seperti yang pernah saya dengar, WhatsApp dapat beroperasi dengan baik di koneksi internet lemah sekalipun.

Kelebihan

  • Ringan
  • Cepat, tidak membutuhkan koneksi data yang kencang
  • Mudah digunakan
  • Kualitas suara free call terbaik
Kekurangan
  • Foto yang otomatis tersimpan
  • Tidak dapat melakukan video call
3| BBM

Pada tahun 2013, dunia teknologi sempat heboh dengan rilisnya BBM untuk Android dan iOS. Hal ini tentu saja kabar baik bagi para pengguna BBM yang beralih ke smartphone Android atau iPhone. Lalu, apa yang membuat aplikasi chatting BBM ini populer?

Menurut saya, BBM menjadi populer karena ini adalah aplikasi chatting pertama yang terdapat di smartphone. Seperti yang telah kita tahu, pada tahun 2009 dan 2010 pengguna Blackberry di Indonesia sendiri banyak sekali jumlahnya. Oleh karena itu BBM sendiri telah memiliki basis pengguna yang sudah banyak dan sudah merasa nyaman dengan aplikasi BBM.

Kelebihan
  • Fitur PING!
  • Recent updates yang sifatnya “segera”
  • Broadcast massage
Kekurangan
  • Tidak dapat menambahkan daftar teman secara otomatis, harus menggunakan PIN

Saya sendiri pengguna aktif WhatsApp dan BBM. WhatsApp cukup membantu saya terutama dalam hal pekerjaan, koordinasi, dll. Sedangkan BBM adalah aplikasi yang lebih dulu saya miliki, jadi sudah nyaman saja menggunakannya. Sedangkan LINE, saya belum berminat untuk menggunakannya. Kalau teman-teman, lebih suka pakai apa? Atau ada aplikasi chatting lain yang lebih sering digunakan? Share yuk!

23 comments:

  1. Semuanya ada di hape saya :-) tapi yang paling sering digunakan WA dan BBM sih. Line jarang :-)

    ReplyDelete
  2. saya lebih sering pake WA dan BBM. Kalo Line jarang banget

    ReplyDelete
  3. Idem, semua ada di hape tapi yang sering dipakai wa dan bbm

    ReplyDelete
  4. Idem, semua ada di hape tapi yang sering dipakai wa dan bbm

    ReplyDelete
  5. Line aku suka stikernya...tapi kebanyakan keluargaku masi pake sms manual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keluarga, apalagi orangtua banyaknya masih pake sms ya. Makasih udah mampir Mak :)

      Delete
  6. diantara tiga aplikasi itu saya hanya menggunakan BBM mbak :)

    ReplyDelete
  7. Sama mbaak...saya juga pake wa dan bbm,belum tertarik pakai line,kayanya du itu udah lebih dari cukup...

    ReplyDelete
  8. Sama mbaak...saya juga pake wa dan bbm,belum tertarik pakai line,kayanya du itu udah lebih dari cukup...

    ReplyDelete
  9. saya sekarang suka pakai wa & line mba.
    udah say no untuk bbm hehehe

    ReplyDelete
  10. Saya hanya pake line dan wa...
    Bbmnya udah dihapus...hehe
    Tambah fb mbak.. Ym..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum minat pake Line, FB masih pake, kalau YM udah jarang :)

      Delete
  11. Whatsaap ama BBM aja Mbak Tia
    LINE punya akun, tapi memori internal hape ku nggak cukup :(

    ReplyDelete
  12. Line gak asyik ah. Ngabisin memory. Wkwkwkw. Aku pake WA ma BBM doang.

    ReplyDelete